Sekolah Pascabencana

Relawan Sokola tinggal di lokasi bencana di tengah-tengah komunitas yang menjadi korban, melihat dan mengenal persoalan lebih dekat. Bersama-sama dengan komunitas membangun lagi kehidupan.

1. Aceh
Menanggapi bencana gempa bumi dan tsunami di Aceh, Sokola membuka shelter bagi anak-anak dan melakukan pendampingan psikologis. Kegiatan ini berlangsung pada Januari-Mei 2005 di kamp pengungsian Desa Neuheun yang menampung sekitar 400 pengungsi.

Sejak Juni 2005, relawan Sokola mendampingi 538 jiwa yang tersisa dari sekitar 1500 jiwa penduduk Ujung Muloh, Aceh Jaya. Selain memberikan asistensi administrasi desa, Sokola juga mendampingi 40 anak menghadapi perubahan lingkungan tempat hidup mereka, memberikan pelatihan ketrampilan sablon, menjahit dan kerajinan kerang serta kewirausahaan bagi pemuda dan orang tua tunggal korban tsunami. Sokola juga menyalurkan pinjaman modal bagi nelayan dari Yayasan Danamon Peduli. Mulai 2006, kegiatan yang sama dilakukan di dua desa sekitar Ujung Muloh, yaitu Teumareum dan Kuala dengan dukungan dari Bernard van Leer Foundation Netherland. Sokola mendampingi anak-anak Aceh menghadapi situasi baru pasca bencana. Sementara para orang tua sibuk membersihkan puing dan menata tempat tinggal, anak-anak berkegiatan bersama Sokola di Omah Bocah.

2. Yogyakarta
Sokola membuka shelter anak bernama “Omah Bocah” di dusun Gunung Puyuh, Bantul, Yogyakarta sebagai tempat bermain anak-anak yang hilang akibat bencana gempa bumi. Selain itu, Sokola juga menyalurkan bantuan peralatan sekolah, peralatan pertukangan dan memberikan pelayanan kesehatan bagi 510 orang warga dusun. Program didukung oleh PT. Nu Skin, PT. Trikomsel, Rakata Adventure dan donator individu serta melibatkan sekitar 20 orang sukarelawan.

3. Klaten
Sokola membantu pemulihan kegiatan belajar di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karangdowo, Klaten dengan bantuan pembangunan kembali gedung sekolah yang hancur akibat gempa bumi 27 Mei 2006 dan pendampingan siswa sekolah melalui program “Sokola Ijo”. Bangunan sekolah yang didirikan dengan struktur tahan gempa ini didukung oleh PT. Nu Skin Enterprises Indonesia dan diresmikan pada Juni 2007 setelah enam bulan masa pengerjaan.

4. Kampung Dukuh
Desa adat Dukuh, Garut, Jawa Barat musnah seketika dalam musibah kebakaran, Oktober 2006. 40 kepala keluarga terpaksa mengungsi ke desa tetangga sembari membangun kembali rumah-rumah adapt yang menjadi cirri khas komunitasnya. Dengan dukunga PT. Trikomsel, Sokola menyalurkan bantuan pembangunan fasilitas desa dan membantu pemulihan langgar sebagai pusat aktivitas komunitas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s